Profil Perpustakaan

Profil Perpustakaan

     Perpustakaan STIK Muhammadiyah Pontianak dulu bernama AKPER Muhammadiyah Pontianak. Pada masa itu Perpustakaan AKPER Muhammadiyah masih satu gedung dengan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pontianak, namun dengan seiring berjalannya waktu AKPER Muhammadiyah Pontianak memiliki gedung sendiri, begitu juga dengan Perpustakaan mempunyai ruangan tersendiri. Perpustakaan AKPER Muhammadiyah Pontianak berdiri pada tahun 1992, kemudian berganti menjadi Perpustakaan STIKEP Muhammadiyah Pontianak. Kemudian berkembang lagi menjadi Perpustakaan STIK Muhammadiyah Pontianak hingga saat ini, sebagai Unit Pelaksana Teknis yang kini langsung bertanggung jawab kepada Pembantu Ketua I STIK Muhammadiyah Pontianak.

     Perpustakaan STIK Muhammadiyah Pontianak dahulu memiliki koleksi sekitar 81 Judul buku dengan 184 Exsemplar, dan Alhamdulillah pada tahun 2018 Perpustakaan memiliki penambahan koleksi baik dari dalam maupun luar negeri, kini Perpustakaan telah memiliki koleksi sebanyak 2472 judul dan sebanyak 5771 Exsemplar buku. Adapun jenis koleksi yang dimiliki Perpustakaan STIK Muhammadiyah Pontianak antara lain, buku, terbitan berkala, repository, majalah, surat kabar, procidding, e-book, e-journal, CD-ROM, dll. Selain itu Perpustakaan STIK Muhammadiyah pontianak menyediakan  layanan sirkulasi, layanan refrensi, layanan keanggotaan, layanan bebas perpustakaan, dan layanan Online Public Acces Catalouge (OPAC).

     Perpustakaan STIK Muhammadiyah Pontianak selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada Pemustaka khususnya mahasiswa STIK Muhammadiyah itu sendiri beserta civitas akademika, yang tentu saja kami barengi dengan tugas dan tanggung jawab, sesuai dengan ilmu yang kami punyai sebagai tuntutan dan kebutuhan yang bernama Perpustakaan. Kami pun selalu ingin memberikan yang terbaik dan senyaman mungkin, secepat yang pemustaka butuhkan, dan sebisa yang kami lakukan sebagai standar berdirinya sebuah Perpustakaan di Indonesia. Kini Perpustakaan STIK Muhammadiyah Pontianak mulai merintis menggunakan teknologi terkini dalam pengelolaannya, yaitu dengan menggunakan Online Public Acces Catalouge (OPAC) berbasis Akasia, E-Prints (Repository Perpustakaan STIK Muhammadiyah Berbasis digital), serta website perpustakaan. Semua ini dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kepada pengguna Perpustakaan (baik itu mahasiswa, staff, dan dosen di lingkungan STIK Muhammadiyah Pontianak).

    Perpustakaan STIK Muhammadiyah Pontianak menggunakan layanan sistem terbuka, dimana peminjam maupun pengunjung perpustakaan dapat melihat dan memilih langsung bahan pustaka yang mereka inginkan, tetapi tertutup untuk umum, artinya mahasiswa luar boleh mengunjungi baca di tempat saja dengan diketahui pihak yang berwenang di kampus mereka dengan menunjukkan dalam bentuk surat keterangan resmi sebagai mahasiswa aktif di kampusnya. Kecuali perpustakaan yang telah menjalin kerjasama dengan perpustakaan STIK Muhammadiyah Pontianak dalam bentuk MOU, maka dapat dilayani dengan baca ditempat serta memfotocopy koleksi yang diinginkan.

     Perpustakan STIK Muhammadiyah Pontianak akan terus mengembangkan sayapnya untuk menjadi perpustakaan perguruan tinggi yang memiliki kualitas dan kuantitas yang tidak diragukan lagi dalam mendukung kinerja dari STIK Muhammadiyah Pontianak dalam menyelenggarakan pendidikan di Kalimantan Barat.

subadar